Layanan

 

­

Klinik Penyakit Dalam

Penyakit Dalam adalah spesialisasi medis yang berhubungan dengan berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang memengaruhi organ-organ bagian dalam orang dewasa. Yang disebut spesialis penyakit ini adalah dokter pengobatan, internis, atau internis umum

Secara garis besar, internis adalah dokter untuk orang dewasa, meskipun mereka juga bekerja untuk pasien orang tua dan remaja, yang biasanya berusia 13 tahun ke atas. Ruang lingkup mereka sangat luas.

Mereka diharuskan memiliki pengetahuan klinis dan keahlian, baik dalam penyakit sederhana maupun kompleks yang disebabkan oleh atau mempengaruhi organ internal. Di sisi lain, karena penyakit yang kompleks dapat memengaruhi organ yang berbeda, seorang internis, pada titik tertentu, akan berurusan dengan kulit dan struktur eksternal lainnya.

Mereka bertanggung jawab untuk menilai, diagnosis, dan perawatan penyakit internal. Jangka waktu perawatan bisa pendek atau panjang tergantung pada kondisi kesehatan. Mereka juga diharapkan untuk memberikan langkah-langkah pencegahan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik. Pengetahuan dalam berbagai macam penyakit juga membuat mereka konsultan ideal untuk dokter umum atau dokter keluarga. Mereka juga dapat mengkhususkan diri dalam kesehatan mental dan penyalahgunaan obat.

 

Klinik Anak (Pediatri)

Pediatri adalah cabang ilmu kedokteran yang berkonsentrasi pada pencegahan, diagnosis, pengobatan dan penanganan seluruh jenis penyakit pada pasien berusia muda, yaitu bayi dan anak hingga remaja atau dewasa muda.

Usia maksimal pasien pediatri berkisar antara 18 dan 21 tahun. Usia ini merupakan masa transisi pasien memasuki perawatan kesehatan dewasa.

Pediatri atau spesialis anak, tidak hanya fokus pada aspek-aspek penunjang kesehatan yang dibutuhkan oleh anak, namun juga memahami perbedaan luas antara gangguan kesehatan pada pasien anak dan dewasa. Hal terpenting dalam fokus pediatri adalah tumbuh kembang fisik pasien anak. Tubuh anak yang semula kecil, kemudian memasuki tahap perkembangan dari tahun ke tahun, kebutuhan penunjang kesehatan pun berubah secara drastis, bahkan dalam waktu yang relatif singkat. Di samping itu, beberapa faktor lain juga ikut terlibat, seperti pada bayi yang baru lahir, perawatan kesehatan melibatkan pemeriksaan dan penanganan cacat bawaan. Sedangkan pada balita, terdapat identifikasi gangguan perkembangan yang berpotensi penyakit. Pembahasan unik lainnya, yaitu pediatri memberikan panduan, pendidikan, dan terkadang memperbaiki kesalahan orangtua atau wali dalam merawat anak mereka.

Pediatri juga mempertimbangkan faktor dan batasan khusus dengan mengutamakan keamanan dan kelayakan perawatan untuk anak. Tidak hanya bertanggungjawab dalam membuat diagnosis dan merancang pengobatan, tetapi juga memastikan pengobatan drancang sesuai dengan usia dan aman bagi fisiologis pasien yang belum matang.

 

­

Klinik Kebidanan dan Kandungan

Ilmu Kebidanan dan Ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada perawatan sistem reproduksi wanita. Tugas utama seorang ahli kandungan adalah melakukan pengawasan dan penanganan pada masa kehamilan, selain itu, ahli kandungan juga bertanggung jawab untuk mengawal proses melahirkan dan masa nifas, atau periode sampai 6 minggu setelah kelahiran. Di sisi lain, seorang ginekolog juga berhubungan dengan kesehatan sistem reproduksi wanita secara umum; pemeriksaan, perawatan, pengelolaan komplikasi kebidanan, dan tindakan yang melibatkan komponen pembedahan. Ilmu kebidanan dan ginekologi dipelajari bersamaan karena memiliki dasar ilmu yang saling melengkapi, sehingga seorang dokter yang telah menyelesaikan pelatihan itu disebut OB/GYN dan dapat melakukan kedua peran itu secara bersamaan.

 

Klinik Bedah Umum

Bedah umum adalah disiplin medis yang melibatkan berbagai jenis tindakan bedah untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dan penyakit.

Dalam bedah umum, ahli bedah diharapkan mampu melakukan perawatan pra operasi maupun pasca operasi, dan manajemennya, selain tindakan bedah itu sendiri. Ahli bedah umum dapat mendiagnosa beberapa jenis penyakit, terutama yang terkait dengan perut dan organ-organ yang terhubung. Ini termasuk penyakit pada saluran empedu, hati, pankreas, limpa, usus buntu, usus kecil dan besar, rektum, dan perut. Dokter bedah juga dapat membedah di daerah dada, kelenjar tiroid dalam, dan hernia. Dalam batas tertentu, dokter bedah umum juga bertanggung jawab untuk prosedur yang dilakukan pada kulit dan payudara.

 

Klinik Bedah Anak

Bedah anak merupakan sub spesialisasi kedokteran bedah umum , yaitu cabang kedokteran yang berhubungan dengan berbagai jenis tindakan bedah.

Meskipun bedah anak juga termasuk mendiagnosis pasien, tindakan ini lebih terlibat dalam pengobatannya, terutama perawatan bedah. Dokter ahli bedah anak, yaitu sebutan bagi ahli dalam bidang ini, mengembangkan rencana pengobatan yang terbaik bagi pasien, melakukan pemeriksaan dan persiapan pra operasi, serta memantau perkembangan pasien sebagai bagian dari perawatan pasca operasi. Dokter bekerja sama dengan wali pasien dan atau orang tua yang bertanggung jawab atas sebagian besar perawatan pasien. Dokter mungkin memberikan petunjuk dan penyuluhan, serta merujuk mereka ke kelompok pendukung atau ahli lainnya yang dapat melakukan terapi untuk mengatasi penyakit anak dengan lebih baik.

 

Klinik Bedah Orthopedi

Bedah ortopedi adalah tindakan pembedahan yang dilakukan oleh ahli ortopedi yang berpengalaman atau dokter bedah tulang untuk merawat masalah muskuloskeletal yang mempengaruhi tulang, sendi, otot, tendon, dan ligamen yang disebabkan oleh kecelakaan, trauma, cedera, atau kondisi kronis lainnya. Pembedahan ortopedi juga dapat memperbaiki permasalahan pada sistem saraf yang terhubung ke tulang belakang, kelainan bawaan, serta permasalahan muskuloskeletal yang disebabkan oleh penuaan.

 

Klinik THT

Telinga hidung tenggorokan (THT) berperan dalam aktivitas terpenting di kehidupan kita, seperti mendengar, mencium/membaui aroma, berbicara, serta makan. Saat merasa ada masalah  yang menyangkut ketiga organ ini, kita perlu memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT.

Dokter spesialis THT (otolaringologis) adalah ahli medis yang khusus menangani masalah kesehatan telinga hidung tenggorokan. Lebih jauh lagi, kondisi-kondisi yang berkenaan dengan alergi, sinus, tumor kepala/leher, serta gangguan tenggorokan dapat ditangani oleh dokter spesialis THT. Dokter umum juga umumnya merujuk pasien kepada seorang otolaringologis jika pasien mengalami gangguan pada celah langit-langit mulut (sumbing) dan deviasi septum (kelainan tulang hidung).

 

Klinik Mata

Optalmologi adalah studi yang mempelajari penyakit mata. ... Optalmologi merupakan salah satu bidang kedokteran yang tidak biasa dan nyaris semua dokter yang mengambil spesialisasi ini adalah ahli di dua bidang mereka yaitu mereka bukan cuma spesialis mata, akan tetapi juga dokter bedah yang sangat terampil.

 

 

Klinik Kulit dan Kelamin

Dokter kulit atau dermatologi adalah dokter yang memiliki spesialisasi di bagian kulit. Sedangkan seksologi adalah bidang yang berhubungan dengan masalah seks dan penyakit kelamin.

Perbedaan Dokter Kulit Kelamin dan Seksolog

Perbedaan dermatologis atau dokter kulit menangani gangguan pada kulit. sementara pekerjaan spesialis kulit dan kelamin adalah untuk mengobati penyakit menular seksual. Seksolog di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan dokter penyakit kelamin. Dokter seksologi harus memiliki pengetahuan yang baik tentang infeksi penyakit menular seksual (PMS) seperi gonore, AIDS, sifilis, penyakit herpes, dan kutil kelamin. Selain mengobati infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme, seksolog juga mengajarkan tentang cara menjaga kebersihan alat kelamin dan reproduksi serta masalah seksual. Andrologi dan ginekologi adalah bidang khusus yang menangani sekresi hormon seksual, suplai darah ke organ seksual dan kondisi mental yang menyebabkan masalah seksual seperti ejakulasi dini, frigiditas dan lain-lain.

­

 

Klinik Urology

Urologi adalah ilmu kedokteran dengan ruang lingkup medis dan bedah yang berfokus pada perawatan penyakit saluran kemih, baik pada pria (juga sebagai organ reproduksi) maupun wanita.

 

 

Klinik Fisioterapi

Seperti namanya, perawatan rehabilitasi berfokus untuk merehabilitasi pasien yang mengalami cacat fisik akibat cedera atau penyakit. Dikenal juga dengan nama kedokteran fisik dan rehabilitasi atau physiatry. Cabang kedokteran ini didedikasikan untuk membantu pasien hidup senormal mungkin meskipun memiliki keterbatasan fisik.

Spesialis dari perawatan rehabilitasi disebut physiatrist. Meskipun mirip, ini berbeda dengan psikiatri yang berfokus pada penanganan masalah mental. Tapi, keduanya kadang berkerja sama dalam suatu kasus.

Mereka yang memiliki keterbatasan fisik sulit untuk hidup normal dan produktif. Kekhawatiran ini menjadi alasan kenapa perawatan rehabilitasi dibuat. Tidak seperti cabang kedokteran lain yang bertujuan mendiagnosa dan mengobati kondisi tertentu, perawatan rehabilitasi bertujuan membanti pasien mengatasi keterbatasan fisiknya. Oleh karena itu, physiatrist dilatih dalam kondisi yang beragam, seperti cedera tulang belakang dan masalah lain yang menyebabkan keterbatasan kemampuan fisik.

 

Klinik Umum

Dokter umum adalah dokter yang fokus dalam mengobati penyakit yang muncul secara tiba-tiba (akut) dan menahun (kronis), juga dikenal sebagai dokter layanan pertama. Perbedaan dengan dokter spesialis adalah, dokter umum menyediakan pelayanan yang bersifat menyeluruh terhadap pasien.

 

 

Klinik Gigi

Praktek kedokteran gigi umum meliputi tindakan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif terhadap kondisi gigi dan mulut individu ataupun masyarakat.

Tindakan perawatan yang dapat dilakukan oleh seorang dokter gigi umum antara lain penambalan gigi berlubang, pembersihan karang gigi, pencabutan gigi, pembuatan gigi tiruan.

Seorang dokter gigi seringkali menggunakan sinar-x dalam menegakkan diagnosa

Spesialisasi dalam kedokteran gigi antara lain:

Bedah mulut dengan Gelar Sp.BM

Endodonsia (Konservasi Gigi) dengan Gelar Sp.KG

Oral Medicine (Penyakit Mulut) dengan Gelar Sp.PM

Ortodonsia dengan Gelar Sp.Ort

Pedodonsia (Ilmu Kedokteran Gigi Anak) dengan Gelar Sp.KGA

Periodonsia (Jaringan Gusi dan Penyangga Gigi) dengan Gelar Sp.Perio

Prostodonsia (Restorasi Rongga Mulut) dengan Gelar Sp.Pros

Radiologi Kedokteran Gigi dengan Gelar Sp.RKG

 

 

Klinik Gizi

Ahli gizi atau dietitian adalah seorang profesional medis yang mengkhususkan diri dalam dietetika, yaitu studi tentang gizi dan penggunaan diet khusus untuk mencegah dan mengobati penyakit. Menurut Keputusan Menteri Kesehatn Republik Indonesia Nomor 374/MENKES/SK/III/2007, dikatakan bahwa ahli gizi adalah seseorang yang telah mengikuti dan menyelesaikan pendidikan akademik dalam bidang gizi sesuai aturan yang berlaku, mempunyai tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh untuk melakukan kegiatan funsional dalam bidang pelayanan gizi, makanan dan dietetik baik di masyarakat, individu atau rumah sakit.[1]

 

 

Klinik Medical Check Up

Dalam hidup, kesehatan tubuh merupakan karunia tuhan yang tak ternilai harganya. Dengan tubuh yang sehat, manusia dapat menikmati segala aktifitas yang dilakukan. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, manusia perlu melakukan beberapa langkah hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, olah raga teratur, istrirahat yang cukup dan melakukan pemeriksaan berkala agar kondidi kesehatan selalu terpantau. Salah satu pilihan yang tepat untuk memantau kondisi kesehatan kita adalah Medical Check Up. Medical Check Up adalah program pemeriksaan kesehatan yang bergguna untuk mengetahui keadaan kondisi kesehatan seseorang. dengan melakukan Medical Check Up secara berkala kita dapat memantau kondisi kesehatan, mendeteksi penyakit secara dini dan mencegah resiko komplikasi dari suatu penyakit. 

 

Klinik KIA dan KB

Upaya kesehatan ibu dan anak adalah upaya di bidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi dan anak balita serta anak prasekolah.
Poli KIA adalah tempat mendapatkan pelayanan kesehatan terkait dengan ibu dan anak. Poli KIA adalah bentuk pelayanan Puskesmas dalam gedung yang pelayananannya sebatas pelayanan dasar. Poli KIA diintegrasikan dengan Poli KB, sehingga pelayanan yang ada dalam poli KIA nantinya akan ada dua jenis, yaitu pelayanan antenatal neonatus (antenatal neonatus care) dan pelayanan KB.
gallery/logo rskh